Labels

Monday, June 4, 2012

menjaga kadar gula darah

MENJAGA kadar gula darah dengan mengubah gaya hidup merupakan salah satu faktor penting dalam mengontrol diabetes. Hal ini karena tubuh kekurangan insulin yang berperan mengatur gula darah (baik karena tubuh tidak bisa memproduksi atau memproduksi dalam jumlah kurang).

Insulin bekerja mengolah gula dan glukosa dari makanan yang Anda konsumsi dan mengubahnya menjadi energi yang bisa digunakan tubuh. Jika tidak diproses, glukosa akan akan tetap berada di dalam darah, sehingga meningkatkan kadar gula darah.

Kondisi ini sangat berbahaya karena sebagian organ kelaparan kekurangan gula dan sebagian organ lain rusak karena terlalu banyak gula. Kadar gula yang tidak terkontrol seperti ini bisa merusak mata, saraf, ginjal dan pembuluh darah.

Bagaimana cara menurunkan kadar glukosa darah? Cara terbaik adalah memadukan obat yang diresepkan dokter dengan beberapa langkah sederhana berikut:

Diet. Diet rendah karbohidrat merupakan cara yang paling dikenal dalam menurunkan kadar gula darah. Makanan yang rendah karbohidrat termasuk susu kedelai, jelai, dan ikan haring bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, makanan tinggi serat seperti  kacang kedelai, oatmeal, bran/sekam atau sereal dengan kismis, roti whole bread dan kacang-kacangan bisa membantu mengontrol diabetes. Di samping itu, cobalah menambah asupan buah dan sayuran segar.


Olahraga. Cobalah tetap aktif dan berolahraga setiap hari. Jalan kaki dan bentuk olahraga ringan lainnya bisa membantu membakar gula di dalam tubuh. Jalan cepat, memotong rumput dan aktivitas rumah tangga lainnya merupakan pilihan olahraga yang tepat untuk mengatur kadar glukosa darah.

Turunkan berat badan. Berat badan normal akan membantu Anda mengontrol kadar glukosa darah. Cobalah berkonsultasi dengan ahli nutrisi dan mengikuti anjuran diet dengan benar.

Suplemen. Penderita diabetes lebih berisiko mengalami kekurangan seng. Cobalah mengonsumsi suplemen atau memperbanyak asupan makanan yang mengandung seng untuk menurunkan kadar gula darah. Ayam dan sarden merupakan makanan yang kaya seng.

Tidur cukup. Kurang tidur akan mengurangi kemampuan tubuh mengolah glukosa dengan efektif. Anda bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan istirahat yang cukup.

Konsumsi kayu manis. Kayu manis dinyatakan bisa menurunkan kadar gula darah. Cobalah menambah asupan kayu manis ke dalam diet Anda atau bisa juga menggunakan kayu manis dalam bentuk kapsul.

Minum teh hijau tanpa gula. Cara ini juga dinyatakan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. (IK/OL-08)

1. Banyakin olahraga
Biar bagaimanapun kunci dari munculnya berbagai penyakit degeneratif adalah berat badan berlebih (obesitas). Orang yang obesitas beresiko terkena banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit gula, dll. Untuk itu para dokter menyarankan kita untuk mengatur ukuran berat badan kita dengan cara melakukan diet proporsional untuk mengurangi berat badan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Berolahraga ini sangat bermanfaat dalam membantu kita menurunkan kadar gula kita. Menurut penelitian kesehatan, berjalan kaki selama setengah jam (30 menit) dapat menurunkan kadar gula sebanyak 40 poin...

2. Minum Teh tawar (teh apa aja bisa, bagus kalau bisa dapet teh Hijau)  
Jika anda yang mempunyai kebiasaan minum teh, cara itu lumayan jitu untuk menurunkan kadar gula. Tapi tehnya harus teh tawar. Kalau teh yang manis-manis, hanya akan menaikan kadar gula darah kamu saja. Menurut sebuah penelitian kesehatan di Amerika, kebiasaan meminum teh hijau tawar dapat menurunkan kadar gula sebanyak 30 poin.

3. Konsumsilah Makanan Rendah gula (Low-Glychemic Food)
Contoh makanan rendah gula adalah buah2an berserat tinggi, oatmeal, kacang2an, buncis, dan granola. Nasi, kentang dan Roti tergolong makanan berkadar gula tinggi maka harus dicegah. PLUS, harus diingat, hindari makanan cepat saji karena makanannya mempunyai kandungan kadar gula dan lemaknya yang cukup tinggi.

4. Perbanyak Minum Air Putih.
Minum banyak air juga merupakan salah satu jalan menurunkan kadar gula darah. So, minumlah air 8 gelas perhari. Selain bermanfaat menurunkan kadar gula, air putih membantu menghilangkan toksin (racun) dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, dan membuat kulit tetap sehat. 

5. Kurangi minum-minuman berkarbonasi seperti berbagai jenis soft drinks baik branded maupun non-branded.
Pada dasarnya semua soft drinks mengandung kadar gula yang tinggi. Satu botol/kaleng soft drinks saja mengandung 12 sendok teh gula, dan ini adalah konsumsi yang berlebihan. Semakin sering kalian minum softdrinks, maka kadar gula kalian ikut naik..Mau sehat? Yuk kurangi and kalau perlu hilangin menu soft drinks dalam daftar minuman pesanan kalian. Gantilah dengan Air Putih. OK.

6. Yoga atau Relaksasi
Latihan relaksasi seperti Yoga dapat membantu kita mengontrol stress. Stress kalau tidak bisa dikontrol maka akan memicu naiknya kadar gula darah. Karena itu sangat penting kita mengatur suasana hati dan pikiran agar tetap tenang dan relaks.. 

No comments:

Post a Comment