Labels

Tuesday, June 5, 2012

panduan upgrade audio mobil

Jangan disangkal lagi, musik itu penting. Terutama, setelah lelah beraktifitas dan duduk di mobil, sebagai teman penghibur menyetel musik dari penyanyi idola dapat menyenangkan suasana selagi berkendara.

Namun sebelum mengetahui perangkat pendukung audio, tidak ada salahnya mengetahui beberapa jenis setting dalam dunia audio, tujuan agar anda tidak buang waktu dan biaya dalam menentukan setup audio yang anda harapkan. Pertama disebut, Sound Pressure Level (SPL) setup ini lebih menekankan suara rendah, bunyi bas akan terdengar lebih menonjol dibandingkan treble. Lalu, Sound Quality (SQ), aliran ini umumnya dipilih orang yang hobi mendengar musik klasik, jazz atau instrumental. Sebab, bila settingan benar, akan menghasilkan suara dinamis, dan jelas. Yang ketiga, merupakan kombinasi keduanya, yaitu SQL (Sound Quality Loud), tipe ini juga cukup popular lantaran bisa dinikmati sesuai selera atau mood.
Untuk membantu Anda mewujudkan suasana musik yang hidup di dalam kabin mobil, berikut daftar dari beberapa komponen inti yang dapat dijadikan rujukan untuk dibeli.
Amplifier / power
Perangkat ini biasa disebut sebagai power, fungsinya sebagai penangkap sinyal dari head unit dan memperkuat sinyal tersebut sebelum dikeluarkan ke masing-masing speaker dan sub woofer. Hasilnya, suara menjadi lebih baik, jelas dan kuat. Dengan mengadopsi power otomatis volume dapat di putar maksimal tanpa harus khawatir suara di speaker pecah seperti pada saat sebelum menggunakan power.
Sebaiknya pilih jenis amplifier 4 channel dengan daya yang cukup untuk mendukung kerja speaker dan sub woofer.

Head Unit / Player
Head unit adalah hal kedua yang harus diperhatikan jika ingin meng-upgrade audio di mobil Anda. Pemutar kaset atau cd ini umumnya berada di tengah panel dashboard. Dengan Head unit Anda dapat memutar musik pavorit, mengatur volume, dan memilih tampilan grafik yang terintegrasi dengan musik yang sedang dimainkan.
Biasanya head unit yang terpasang di beberapa mobil keluaran pabrikan, kurang mumpuni untuk memfasilitasi musik dengan kualitas baik. Oleh karena itu, mengganti dengan produk aftermarket merupakan cara bijak untuk memperoleh suara maksimal. Kelebihan lain pakai HU aftermarket, karena memiliki sejumlah fitur canggih. Diantaranya, tampilan grafik lebih atraktif, tuning equalizer terdiri 5 atau 10 band, pilihan mode suara, atau bahkan sekaligus terdapat layar monitor. Disamping itu head unit yang bagus mampu mengirimkan sinyal lebih baik ke speaker.
Seiiring dengan kemajuan teknologi dewasa ini beberapa head unit juga sudah dilengkapi output RCA untuk memudahkan pemasangan power, bahkan ada yang sudah tertabnam interface bluetooth, i-pod dan sebagainya.
Beberapa pilihan head unit ternama seperti Nakamichi, Kenwood, Eclipse, Alpine, Pioneer dan McIntosh.
Speakers
Karakter speaker yang baik dapat memberikan hasil suara seperti aslinya, misal penyanyi Louis Amstrong tidak akan sama seperti Whitney Houston. Hal itu disebabkan karena rentang vokal yang cukup terbatas dan berbeda.
Disini peran speaker juga tidak kalah penting, karena sehebat apapun instalatur melaukan setting, tapi jika speaker masih kondisi standar tidak akan mendapatkan kejernihan suara maupun suara keras.
Cukup banyak dan mudah untuk menemukan speaker aftermarket di pasaran, luangkan waktu sedikit agar mendapat speaker yang tepat. Tipe speaker tersedia mulai dari 2-way, 3-way atau 4-way. Terkadang dengan memilih yang jenis 4 way sangat membantu untuk efek surround di bagian belakang kabin. Namun bisa saja Anda memilih yang tipe lain asalkan di setting efek surround juga bisa dicapai.
Secara umum, ada beberapa jenis speaker; dual cone, co-axial, component (split), dan subwoofer. Speaker jenis ini memiliki desain dengan posisi woofer dan tweeter yang menyatu dalm satu unit speaker. Woofer untuk nada lebih rendah (bass) sedangkan tweeter menangani nada lebih tinggi (treble). Speaker coaxial pun terdiri dari jenis 2 way (tweeter , woofer), 3 Way (tweeter, midrange, woofer) dan ada juga yang 4 way (2 tweeter, midrange, woofer).

Speaker split atau component biasanya dijual 1 set namun terpisah antara tweeter dan woofer-nya. Berikut dengan cross over untuk memisahkan sinyal suara-suara tinggi untuk tweeter dan nada rendah ke woofer-hal ini memungkin kerja speaker lebih sempurna sesuai kemampuannya. Sehingga, tidak terdengar suara pecah dan sampai batas tertentu mencegah kerusakan.
Bagi Anda yang memilih settingan SPL untuk audio mobil, peranti Subwoofer sangat dibutuhkan. Penghasil dentuman bass ini tersedia dalam berbagi ukuran dan merek. Mulai dari 8 inchi, sampai 21 inchi. Sub woofer memang diciptakan untuk mengeluarkan nada frekuensi rendah (bass) dan terbukti handal.

No comments:

Post a Comment